Page Rank Adalah... bla..bla..bla.. aduh males njelasinnya, gini aja deh ini ada artikel dari Om Wikipedia, baca sendiri ya.
PageRank  adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang berfungsi menentukan  situs web mana yang lebih penting/populer. PageRank merupakan salah  satu fitur utama mesin pencari Google dan diciptakan oleh pendirinya,  Larry Page dan Sergey Brin yang merupakan mahasiswa Ph.D. Universitas  Stanford.
Trus bagaimana cara kerja Page Rank?
Sebuah  situs akan semakin populer jika semakin banyak situs lain yang  meletakan link yang mengarah ke situsnya, dengan asumsi isi/content  situs tersebut lebih berguna dari isi/content situs lain. PageRank  dihitung dengan skala 1-10.
Contoh: Sebuah situs yang  mempunyai Pagerank 9 akan di urutkan lebih dahulu dalam list pencarian  Google daripada situs yang mempunyai Pagerank 8 dan kemudian seterusnya  yang lebih kecil.
Banyak cara digunakan search engine dalam  menentukan kualitas/rangking sebuah halaman web, mulai dari penggunan  META Tags, isi dokumen, penekanan pada content dan masih banyak teknik  lain atau gabungan teknik yang mungkin digunakan. Link popularity,  sebuah teknologi yang dikembangkan untuk memperbaiki kekurangan dari  teknologi lain (Meta Keywords, Meta Description) yang bisa dicurangi  dengan halaman yang khusus di desain untuk search engine atau biasa  disebut doorway pages. Dengan algoritma ‘PageRank’ ini, dalam setiap  halaman akan diperhitungkan inbound link (link masuk) dan outbound link  (link keuar) dari setiap halaman web.
PageRank, memiliki konsep  dasar yang sama dengan link popularity, tetapi tidak hanya  memperhitungkan “jumlah” inbound dan outbound link. Pendekatan yang  digunakan adalah sebuah halaman akan diangap penting jika halaman lain  memiliki link ke halaman tersebut. Sebuah halaman juga akan menjadi  semakin penting jika halaman lain yang memiliki rangking (pagerank)  tinggi mengacu ke halaman tersebut.
Dengan pendekatan yang  digunakan PageRank, proses terjadi secara rekursif dimana sebuah  rangking akan ditentukan oleh rangking dari halaman web yang rangkingnya  ditentukan oleh rangking halaman web lain yang memiliki link ke halaman  tersebut. Proses ini berarti suatu proses yang berulang (rekursif). Di  dunia maya, ada jutaan bahkan milyaran halaman web. Oleh karena itu  sebuah rangking halaman web ditentukan dari struktur link dari  keseluruhan halaman web yang ada di dunia maya. Sebuah proses yang  sangat besar dan komplek.
Mau tahu algoritma page rank?
Dari  pendekatan yang sudah dijelaskan pada artikel konsep pagerank, Lawrence  Page and Sergey Brin membuat algoritma pagerank seperti di bawah :
Algoritma awal PR(A) = (1-d) + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
Salah satu alogtima lain yang dipublikasikan PR(A) = (1-d) / N + d ( ( PR(T1) / C(T1) ) + … + ( PR(Tn) / C(Tn) ) )
* PR(A) adalah Pagerank halaman A
* PR(T1) adalah Pagerank halaman T1 yang mengacu ke halaman A
* C(T1) adalah jumlah link keluar (outbound link) pada halaman T1
* d adalah damping factor yang bisa diberi antara 0 dan 1.
* N adalah jumlah keseluruhan halaman web (yang terindex oleh google)
Random  surfer model merupakan pendekatan yang menggambarkan bagaimana  sesungguhnya yang dilakukan seorang pengunjung di depan sebuah halaman  web. Ini berarti peluang atau probabilitas seorang user mengklik sebuah  link sebanding dengan jumlah link yang ada pada halaman tersebut.  Pendekatan ini yang digunakan pagerank sehingga pagerank dari link masuk  (inbound link) tidak langsung didistribusikan ke halaman yang dituju,  melainkan dibagi dengan jumlah link keluar (outbound link) yang ada pada  halaman tersebut. Rasanya semua juga menganggap ini adil. Karena bisa  anda bayangkan apa jadinya jika sebuah halaman dengan rangking tinggi  mengacu ke banyak halaman, mungkin teknologi pagerank tidak akan relevan  digunakan.
Metode ini juga memiliki pendekatan bahwa seorang  user tidak akan mengklik semua link yang ada pada sebuah halaman web.  Oleh karena itu pagerank menggunakan damping factor untuk mereduksi  nilai pagerank yang didistribusikan sebuah halaman ke halaman lain.  Probabilitas seorang user terus mengkilk semua link yang ada pada sebuah  halaman ditentukan oleh nilai damping factor (d) yang bernilai antara 0  sampai 1. Nilai damping factor yang tinggi berarti seorang user akan  lebih banyak mengklik sebuah halaman sampai dia berpindah ke halaman  lain. Setelah user berpindah halaman maka probabilitas diimplemntasikan  ke dalam algoritma pagerank sebagai konstanta (1-d) . Dengan  mengeluarkan variable inbound link (link masuk), maka kemungkinan  seorang user untuk berpindah ke halaman lain adalah (1-d), hal ini akan  membuat pagerank selalu berada pada nilai minimum.
Dalam  algoritma pagerank yang lain, terdapat nilai N yang merupkan jumlah  keseluruhan halaman web, jadi seorang user memiliki probabilitas  mengunjungi sebuah halaman dibagi dengan total jumlah halaman yang ada.  Sebaagai contoh, jika sebuah halaman memiliki pagerank 2 dan total  halaman web 100 maka dalam seratus kali kunjungan dia mengunjungi  halaman itu sebanyak 2 kali (catatan, ini adalah probabilitas).
Aduuh..  panjaaaaang banget penjelasannya. Aku sendiri belum baca semua lho,  hi..hi.hi. :P  ini cuma asal kopi/paste dari om Wiki (panggilan akrab  Wikipedia)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar